Senin, 08 Februari 2016

laporan prakerin



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan penguasaan keterampilan atau keahlian profesi tertentu pada siswa-siswi, antara lain diperlukan adanya penambahan berbagai aktivitas belajar dilingkungan sekolah dan luar sekolah.
Kondisi ini sudah lama menjadi puasat perhatian bagi Dunia Pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah kejuruan, bahwa penguasaan keahlian profesi sebgai salah satu tujuan esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada  dunia kerja yang sebenarnya.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah praktek kerja yang dilakukan oleh sekolah dengan dunia industri program PKL ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memadukan antara teori dan praktik yang di terima di sekolah dengan praktik kerja yang secara nyata di perusahaan tersebut. Jadi praktik dan teori depergunakan oleh mereka untuk masa depan mereka. Dan selanjutnya mereka membuat laporan dimana pada tahap ini siswa harus mempertanggung jawabkan apa yang mereka laporkan secara tertulis dan segala kegiatan pada saat di depan penguji. Disini bisa diukur sampai sejauh mana kemampuan yang telah di praktikan.

1.2    Rumusan Masalah
Untuk penyusunan laporan ini perlu adanya perumusan masalah apa yang akan di bahas dan dianalisis dalam laporan ini. Perumusan masalah berfungsi sebagai upaya untuk membatasi agar masalah yang di bahas ini tidak terlalu luas, sehingga informasi yang disediakan singkat, padat, jelas dan akurat.
Adapun masalah yang dianalisis dalam laporan ini sebagai berikut :
1)        Apa saja alat yang dibutuhkan untuk memasang CCTV ?


2)        Bagaimana setting CCTV?
3)        Bagaimana perawatan CCTV ?

1.3    Tujuan Penulisan Laporan
Seluruh siswa yang telah melaksanakan PKL diwajibkan membuat laporan berbentuk karya tulis. Hal ini merupakan sebuah tanda bukti bahwa siswa tersebut benar-benar telah melaksanakan PKL.
Tujuan utama laporan ini adalah :
1)        Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
2)        Melatih kerja dan pengamatan teknik yang diterapkan di tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
3)        Untuk mencari pengalaman dalam PKL di dunia usaha/industri.
4)        Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
5)        Untuk menambah bekal hidup di masa depan.
6)        Memperkokoh link and match kesesuaian, kecocokan antara program sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

















BAB II
RUANG LINGKUP OBJEK

2.1  Waktu PKL
Adapun waktu untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah mulai dari tanggal 1 Mei 2015 s/d 27 juli 2015. Dimulai dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan diseling waktu istirahata selama 1 jam. ( jam istirahat bebas asalkan tidak melebihi 1 jam)

2.2  Tempat PKL
Praktek kerja lapangan dilaksanakan di LKP/LPK Hidayah. Tempat yang dipergunakan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah di LKP/LPK Hidayah. Lokasi tepatnya di jl. Pakuan No.3 Kawalimukti kecamatan kawali kabupaten/Kota Ciamis.

2.3  Tata Tertib Perusahaan
Tata tertib yang diberlaskukan di LPK Hidayah Kawali ketika penulis melaksanakan PKL terdapat perbedaan antara karyawan dan siswa PKL. Pada uraian ini penulis akan menjelaskan tata tertib yang diberlakukan untuk siswa PKL saja yang menyangkut tata tertib pakaian dan waktu praktik.
1.      Tata Tertib Warga Belajar
Tata tertib adalah peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, apabila dilanggar mendapatkan sangsi (hukuman).     
Adapun Tata Tertib yang harus dilaksanakan bagi siswa-siswi PKL, yaitu :
a.       Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal
b.      Berpakaian sopan, bersih dan rapi
c.       Tidak membuat keributan selama pelajaran/praktik
d.      Dilarang meninggalkan tempat kursus sebelum pelajaran/praktik selesai


e.       Warga belajar dalam kegiatan praktik kursus selalu mematuhi prosedur kerja dalam menggunakan peralatan dan atau bahan-bahan lainnya.
f.       Apabila berhalangan hadir, harus meminta izin / memberitahukan baik lisan maupun tulisan kepada instruktuk dan bila tidak hadir lebih dari dua kali karena sakit harus ada surat keterangan dari dokter.
g.      Siswa yang hendak membatalkan jadwal belajar yang telah ditentukan. Maka siswa hendaknya memberitahukan kepada instruktur atau bagian divii pendidikan LKP hidayah melalui telepon atau secara langsung maksimal 12 jam sebelum pelajaran dimulai.
h.      Jika siswa ingin mengganti jadwal yang telah dibatalkan berkaitan dengan hal-hal tersebut diatas, maka baik instruktur ataupun pihak siswa haru ada kesepakatan sebelumnya serta tidak memberatkan salah satu pihak.
i.        Jika siswa merasa tidak cocok dengan instruktur yang bersangkutan, maka hendaknya siswa segera memberitahukan kepada bagian divisi pendidikan LKP hidayah. Agar dapat dilakukan pergantian instruktur yang baru dan tentunya disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan siswa.
j.        Jika siswa hendak memutuskan hubungan belajar dengan LKP Hidayah karena satu hal, maka hendaknya siswa memberitahukan ke bagian divisi pendidikan maksimal satu hari sebelum jadwal belajar dimulai.
k.      Siswa telah memutuskan hubungan dengan LKP Hidayah tetapi telah melakukan pembayaran, sedangkan pembayaran les privat atau belum melakukan pelunasan pembayaran, sedangkan jumlah pertemuan belum memenuhi jumlah paket yang diambil, maka jika telah dilakukan pelunasan pembayaran, maka uang tersebut menjadi milik LKP Hidayah dan jika belum melakukan pembayaran, maka kami akan meminta siswa untuk melunasi biasa kursus selama siswa tersebut belajar di LKP Hidayah.
2.      Pakaian
a.       Senin - Selasa                   : Pakaian Hitam Putih
b.      Rabu - Kamis                   : Pakaian Batik Sekolah
c.       Jum’at - Sabtu                  : Pakaian Praktik
d.      Minggu                             : Pakaian Bebas/Sopan           

3.      Waktu Praktik
a.       Masuk pukul 07-00
b.      Pulang pukul 16.00
c.       Istirahat 1 jam
d.      Libur disesuaikan

2.4  Sejarah Berdirinya LPK
LKP HIDAYAH didirikan pada tanggal 24 Juni 1999 oleh Moch. Jusuf Abdulloh, S.Pt., S.Kom. dengan alamat di Jalan Pakuan No. 3 Kawalimukti-Kawali-Ciamis.LKP Hidayah merupakan lembaga kursus dan pelatihan yang bergerak di bidang komputer. Sejak tahun 1999 LKP Hidayah telah membuka beberapa program kursus, yaitu: Program Paket Niaga 1 dan Niaga 2, Program Pilihan, dan Program Les.
Pada tahun 2003, LKP Hidayah membuka program kursus baru yaitu Kursus Keterampilan Orientasi Kerja (KKOK) yang berupaya membuka jalinan kerjasama dengan berbagai perusahaan/lembaga sebagai upaya agar para lulusan LKP HIDAYAH dapat menjalin Latihan Kerja/Magang (on the Job Training) dalam dunia kerja yang sebenarnya dan selanjutnya berupaya menjembatani para lulusan untuk dapat bekerja di perusahaan/lembaga/hotel yang sesuai dengan kemampuannya.
Pada tahun 2010 membuka Program Pelatihan Kerja 1 Tahun bidang keahlian Operator Niaga, Design Graphis, Multimedia, dan Teknik Komputer Jaringan. Program-program yang diselenggarakan ini diharapkan selaras dengan kebutuhan dan perkembangan dunia bisnis dan pasar kerja. Proses belajar mengajar disajikan melalui pendekatan praktis yang humanis dan kerja praktek (on the job training) serta mentoring agama untuk pembinaan mental spiritual dan peningkatan potensi diri.
LKP/LPK Hidayah merupakan Lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman, memiliki legalitas dan integritas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan sudah ditetapkan oleh Surat Keputusan Pemerintah:
1.           No. : Kep.178/W9/KW/1999
2.           No. : Kep.503/LK/VIII/2002
Sesuai dengan surat No. 421.9/78-Disdik/2010 LKP/LPK Hidayah kemudian mendapat Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) dengan No. 02105.4.1.0016.09/31 dan telah mendapatkan penilaian kinerja lembaga oleh BAN-PNF.























BAB III
PRAKTIK KERJA MEMASANG CCTV

3.1  Tahapan Persiapan
3.1.1      Persiapan Alat
Beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, diantaranya :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiCrimping kabel





Ini adalah salah satu alat utama dan wajib ada dalam daftar perlengkapan pemasangan  CCTV Camera, Crimp ini merupakan sebuah tang pemotong kabel, keunikannya tidak dimiliki jenis tang lain karena, Crimp khusus tersbut didesain untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

3.1.2      Persiapan Bahan
Beberapa Bahan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiMonitor










Monitor adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Fungsi komputer untuk CCTV untuk maksimal 16 kamera CCTV langsung ke komputer.
2.      IPCam 300R
IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ” IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.
3.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Coaxial






Seperti yang sebelumnya disebutkan, kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, jenisnya ada beberapa, diantaranya adalah:
Kabel-Coaxial-Berbagai-Jenis
Ø  RG-59, untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki
Ø  RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki
Ø  RG-11, untuk penggunaan 1500 kaki atau lebih
4.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKonektor RF





Biasanya ini disebut sebagai bayonet neil concelman (BNC), berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR) atau langsung ke monitor. Sebagai daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi tentu ini tak kalah penting dengan alat lainnya.
5.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Power





Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supplay, hati-hati dan jangan terbalik. Untuk jenis kabel Anda bisa menggunakan 2×1,5mm dan 3,25mm disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.
6.      Adapter dan Power Supply


Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
 






Pada alat ini Anda bisa menggunakan jenis adapter dan power supply apa saja dan merk apa saja, sejauh sesuai dengan daya yang cocok dengan perangkat camera, monitor dan sebagainya. Umumnya tegangan yang digunakan untuk kamera pengintai ini adalah 12v DC, 24v AC-DC

3.2  Tahap Pelaksanaan Memasang CCTV
Berikut langkah-langkah untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Masukan CD IPCam 300R ke CD-Rom, dan akan muncul gambar ini.
Gambar 1. Tampilan DVD IPCam

2.      Kemudian buka file setup IPCam 300R.
Gambar 2. Membuka file Setup

3.      Tampilan Awal IPCam SECURE 300R, lalu klik IDSS041
Gambar 3. Tampilan Awal IPCam SECURE 300R
4.      Tampilan awal instalasi IPCam SECURE 300R
Gambar 4. Tampilan Setup IDSS041

5.      Tampilan Lisence Agreement, pilih accept, klik next
Gambar 5. Tampilan Lisence Agreement

6.      Tunggu beberapa saat.
Gambar 6. Tampilan Preparing To Install

7.      Proses Instalasi IDSS041
Gambar 7. Proses Instalasi IDSS041
8.      Pada tampilan Multi-Language installer, pilih English, lalu klik install.
Gambar 8. Memilih Bahasa

9.      Selanjutnya, Muncul tampilan IP Camera Setup Wizard, klik Continue


 







Gambar 9. Tampilan IP Camera Setup

10.  Tunggu sampai proses selesai.

Gambar 10. Proses Instalasi



11.  Kemudian klik Finish.
Gambar 11.Instalasi Selesai

12.  Tampilan Awal aplikasi IDSS041, lalu klik Open Network And Sharing Center
Gambar 12.Membuka Network And Sharing Center

13.  Klik Change Adapter Setting.




Gambar 13.Membuka Change Adapter Setting



14.  Klik kanan Local Area Network, pilih properties.







Gambar 14. Membuka Local Area Network

15.  Klik internet protocol version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
Gambar 15.Membuka TCP/IPv4

16.  Klik Use the following IP address, lalu isi kotak IP address, Subnet Mask, Default gateway.
Gambar 16. Setting IP Address
17.  Klik star, all program, klik IDSS041, klik Camera Locator.
Gambar 17.Buka aplikasi Camera Locator

18.  Pada tampilan IP search, pada kotak camera list terdapat IP address camera. Selanjutnya buka Mozilla fire fox
Gambar 18.Tampilan IP Search

19.  Selanjutnya, klik pada URL, lalu masukan IP Camera (192.168.1.249).
Gambar 19.Masukan URL

20.  Masukan Nama Pengguna : Admin, dan Sandi : 1234. Lalu OK.
Gambar 20.Tampilan Autentikasi

21.  Tampilan awal IP Camera Setup
Gambar 21.Tampilan Awal

22.  Selanjutnya, klik Image Setup.
Gambar 22. Menu Image Setup

23.  Ubah Output size menjadi 640x480 (VGA)
Gambar 23.Mengatur Output Size

24.  Kemudian, ubah Frame Rate menjadi Auto
Gambar 24.Mengatur Frame Rate

25.  Ubah Compression Ratio menjadi middle, klik apply
Gambar 25.Mengatur Compression Ratio

26.  Pengaturan image setup selesai, Kemudian klik System Setup.
Gambar 26.Penyimpanan Image Setup Berhasil

27.  Pada Tampilan System Setup, klik Specify an IP Address, klik Apply, lalu klik User Management.
Gambar 27.Mengatur System

28.  Masukan Nama, Password, dan Confirm Password, klik Apply.
Gambar 28.Menambahkan User
29.  Kemudian klik Menu.
Gambar29.Masukke Menu

30.  Padatampilan Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar 30.Masukan Address, Username, Password

31.  Hasilnya seperti ini.
Gambar 31.Tampilan hasil video
3.3  Tahap Pengujian
Setelah CCTV terpasang, maka harus dilakukan pengujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah cctv itu sudah dapat digunakan atau tidak. Bnerikut langkah-langkahnya.
1.    Pilih Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar1.Masukan Address, Username, Password

2.    Hasilnya seperti ini.
Gambar2.Tampilan hasil video

3.4  Maintence CCTV
Agar CCTV tidak cepat rusak, maka harus melakukan perawatan. Caranya yaitu sebagai berikut.
1.         Jagalah selalu kebersihan kamera CCTV
Dimulai dari lensa kamera CCTV , Housing , drive unit , DVR, monitor dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV jangan sampai kotor penuh debu. Karena jika ada debu atau kotoron dapat menjadi penghambat utama yang menyebabkan kinerja sistem CCTV  menjadi tidak sempurna misalnya gambar kamera CCTV menjadi buram  dan bahkan cepat membuat kerusakan.
2.         Cek  seluruh komponen CCTV secara berkala
komponen CCTV haruslah di cek seperti  DVR, Kabel dan koneksi harus selalu dicek,  Jangan sampai ada yang tak terhubung. Sama halnya  dengan posisi kamera CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai target kamera tidak tepat . Periksa penyanggah CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV dapat ebrfungsi dengan baik.
3.         Cek selalu pengaturan rekaman CCTV
Pengaturan mode rekaman kamera CCTV harus di atur dengan optimal, dari masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman dan pengaturan – pengaturan kamera CCTV lainnya .
4.         Cek keakuratan kamera CCTV
Jangan lupa untuk selalu mengecek keakuratan kamera CCTV . Dari keakuratan  jam dan waktu , pengendalian telemetri, Keakuratan indikator dan cek  kondisi DVR untuk mengetahui rusak atau tidak.
5.         Backup hasil rekaman CCTV
Jika kapasitas kamera CCTV Anda sudah penuh, sebaiknya cadangkan atau backup hasil rekaman CCTV tersebut, sortirlah yang menurut Anda masih perlu dan hapus yang sudah tidak penting.








BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

3.1  Simpulan
3.1.1   Simpulan Umum
Dengan diadakannya program praktek kerja lapangan (PKL), kami mendapatkn pengalaman yang paling berharga didunia kerja, dan pengalaman ini akan kami jadikan sebagai referensi kami dimasa nanti kami bekerja.
3.1.2   Simpulan Khusus
Dengan adanya praktek kerja lapangan (PKL), kami dapat mempraktikan secara langsung apa yang kami pelajari selama disekolah tentang jaringan maupun komputer dan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat bagi kami.

3.2  Saran-Saran
3.2.1   Saran Untuk Siswa
1.      Bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Kawali agar bersungguh-sungguh untuk mempelajari ilmu-ilmu yang didapat di dunia industri
2.      Jagalah kesehatan sewaktu melaksanakan praktek kerja lapangan
3.2.2   Saran Untuk Sekolah
Adapun saran-saran penulis yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut :
1.         Pihak sekolah dalam memberikan pengarahan harus lebih ditingkatkan dalam hal pengisian jurnal
2.         Pihak sekolah harus mempersiapkan lebih banyak fatner-fatner perusahaan tempat siswa akan melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL)
3.         Kunjungan yang dilakukan pihak sekolah secara berkala
4.         Tingkatkan kamunikasi antara pembimbing dari sekolah dengan pimpinan industri DU/DI


5.         Tingkatkan komitmen yang telah dibuat oleh pihak sekolah.
Misal : batas waktu PKL adalah 27 juli 2015 dan itu berlaku untuk siswa PKL dimana saja tempat pkl nya

3.2.3   Saran Untuk DU/DI
1.         Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah ilmu pengetahuan.
2.         Diharapkan untuk benar-benar siap dalam menerima siswa-siswi yang akan melaksanakan PKL.
3.         Diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja serta lebih giat dalam melaksanakan tugas.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan penguasaan keterampilan atau keahlian profesi tertentu pada siswa-siswi, antara lain diperlukan adanya penambahan berbagai aktivitas belajar dilingkungan sekolah dan luar sekolah.
Kondisi ini sudah lama menjadi puasat perhatian bagi Dunia Pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah kejuruan, bahwa penguasaan keahlian profesi sebgai salah satu tujuan esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada  dunia kerja yang sebenarnya.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah praktek kerja yang dilakukan oleh sekolah dengan dunia industri program PKL ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memadukan antara teori dan praktik yang di terima di sekolah dengan praktik kerja yang secara nyata di perusahaan tersebut. Jadi praktik dan teori depergunakan oleh mereka untuk masa depan mereka. Dan selanjutnya mereka membuat laporan dimana pada tahap ini siswa harus mempertanggung jawabkan apa yang mereka laporkan secara tertulis dan segala kegiatan pada saat di depan penguji. Disini bisa diukur sampai sejauh mana kemampuan yang telah di praktikan.

1.2    Rumusan Masalah
Untuk penyusunan laporan ini perlu adanya perumusan masalah apa yang akan di bahas dan dianalisis dalam laporan ini. Perumusan masalah berfungsi sebagai upaya untuk membatasi agar masalah yang di bahas ini tidak terlalu luas, sehingga informasi yang disediakan singkat, padat, jelas dan akurat.
Adapun masalah yang dianalisis dalam laporan ini sebagai berikut :
1)        Apa saja alat yang dibutuhkan untuk memasang CCTV ?


2)        Bagaimana setting CCTV?
3)        Bagaimana perawatan CCTV ?

1.3    Tujuan Penulisan Laporan
Seluruh siswa yang telah melaksanakan PKL diwajibkan membuat laporan berbentuk karya tulis. Hal ini merupakan sebuah tanda bukti bahwa siswa tersebut benar-benar telah melaksanakan PKL.
Tujuan utama laporan ini adalah :
1)        Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
2)        Melatih kerja dan pengamatan teknik yang diterapkan di tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
3)        Untuk mencari pengalaman dalam PKL di dunia usaha/industri.
4)        Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
5)        Untuk menambah bekal hidup di masa depan.
6)        Memperkokoh link and match kesesuaian, kecocokan antara program sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

















BAB II
RUANG LINGKUP OBJEK

2.1  Waktu PKL
Adapun waktu untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah mulai dari tanggal 1 Mei 2015 s/d 27 juli 2015. Dimulai dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan diseling waktu istirahata selama 1 jam. ( jam istirahat bebas asalkan tidak melebihi 1 jam)

2.2  Tempat PKL
Praktek kerja lapangan dilaksanakan di LKP/LPK Hidayah. Tempat yang dipergunakan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah di LKP/LPK Hidayah. Lokasi tepatnya di jl. Pakuan No.3 Kawalimukti kecamatan kawali kabupaten/Kota Ciamis.

2.3  Tata Tertib Perusahaan
Tata tertib yang diberlaskukan di LPK Hidayah Kawali ketika penulis melaksanakan PKL terdapat perbedaan antara karyawan dan siswa PKL. Pada uraian ini penulis akan menjelaskan tata tertib yang diberlakukan untuk siswa PKL saja yang menyangkut tata tertib pakaian dan waktu praktik.
1.      Tata Tertib Warga Belajar
Tata tertib adalah peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, apabila dilanggar mendapatkan sangsi (hukuman).     
Adapun Tata Tertib yang harus dilaksanakan bagi siswa-siswi PKL, yaitu :
a.       Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal
b.      Berpakaian sopan, bersih dan rapi
c.       Tidak membuat keributan selama pelajaran/praktik
d.      Dilarang meninggalkan tempat kursus sebelum pelajaran/praktik selesai


e.       Warga belajar dalam kegiatan praktik kursus selalu mematuhi prosedur kerja dalam menggunakan peralatan dan atau bahan-bahan lainnya.
f.       Apabila berhalangan hadir, harus meminta izin / memberitahukan baik lisan maupun tulisan kepada instruktuk dan bila tidak hadir lebih dari dua kali karena sakit harus ada surat keterangan dari dokter.
g.      Siswa yang hendak membatalkan jadwal belajar yang telah ditentukan. Maka siswa hendaknya memberitahukan kepada instruktur atau bagian divii pendidikan LKP hidayah melalui telepon atau secara langsung maksimal 12 jam sebelum pelajaran dimulai.
h.      Jika siswa ingin mengganti jadwal yang telah dibatalkan berkaitan dengan hal-hal tersebut diatas, maka baik instruktur ataupun pihak siswa haru ada kesepakatan sebelumnya serta tidak memberatkan salah satu pihak.
i.        Jika siswa merasa tidak cocok dengan instruktur yang bersangkutan, maka hendaknya siswa segera memberitahukan kepada bagian divisi pendidikan LKP hidayah. Agar dapat dilakukan pergantian instruktur yang baru dan tentunya disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan siswa.
j.        Jika siswa hendak memutuskan hubungan belajar dengan LKP Hidayah karena satu hal, maka hendaknya siswa memberitahukan ke bagian divisi pendidikan maksimal satu hari sebelum jadwal belajar dimulai.
k.      Siswa telah memutuskan hubungan dengan LKP Hidayah tetapi telah melakukan pembayaran, sedangkan pembayaran les privat atau belum melakukan pelunasan pembayaran, sedangkan jumlah pertemuan belum memenuhi jumlah paket yang diambil, maka jika telah dilakukan pelunasan pembayaran, maka uang tersebut menjadi milik LKP Hidayah dan jika belum melakukan pembayaran, maka kami akan meminta siswa untuk melunasi biasa kursus selama siswa tersebut belajar di LKP Hidayah.
2.      Pakaian
a.       Senin - Selasa                   : Pakaian Hitam Putih
b.      Rabu - Kamis                   : Pakaian Batik Sekolah
c.       Jum’at - Sabtu                  : Pakaian Praktik
d.      Minggu                             : Pakaian Bebas/Sopan           

3.      Waktu Praktik
a.       Masuk pukul 07-00
b.      Pulang pukul 16.00
c.       Istirahat 1 jam
d.      Libur disesuaikan

2.4  Sejarah Berdirinya LPK
LKP HIDAYAH didirikan pada tanggal 24 Juni 1999 oleh Moch. Jusuf Abdulloh, S.Pt., S.Kom. dengan alamat di Jalan Pakuan No. 3 Kawalimukti-Kawali-Ciamis.LKP Hidayah merupakan lembaga kursus dan pelatihan yang bergerak di bidang komputer. Sejak tahun 1999 LKP Hidayah telah membuka beberapa program kursus, yaitu: Program Paket Niaga 1 dan Niaga 2, Program Pilihan, dan Program Les.
Pada tahun 2003, LKP Hidayah membuka program kursus baru yaitu Kursus Keterampilan Orientasi Kerja (KKOK) yang berupaya membuka jalinan kerjasama dengan berbagai perusahaan/lembaga sebagai upaya agar para lulusan LKP HIDAYAH dapat menjalin Latihan Kerja/Magang (on the Job Training) dalam dunia kerja yang sebenarnya dan selanjutnya berupaya menjembatani para lulusan untuk dapat bekerja di perusahaan/lembaga/hotel yang sesuai dengan kemampuannya.
Pada tahun 2010 membuka Program Pelatihan Kerja 1 Tahun bidang keahlian Operator Niaga, Design Graphis, Multimedia, dan Teknik Komputer Jaringan. Program-program yang diselenggarakan ini diharapkan selaras dengan kebutuhan dan perkembangan dunia bisnis dan pasar kerja. Proses belajar mengajar disajikan melalui pendekatan praktis yang humanis dan kerja praktek (on the job training) serta mentoring agama untuk pembinaan mental spiritual dan peningkatan potensi diri.
LKP/LPK Hidayah merupakan Lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman, memiliki legalitas dan integritas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan sudah ditetapkan oleh Surat Keputusan Pemerintah:
1.           No. : Kep.178/W9/KW/1999
2.           No. : Kep.503/LK/VIII/2002
Sesuai dengan surat No. 421.9/78-Disdik/2010 LKP/LPK Hidayah kemudian mendapat Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) dengan No. 02105.4.1.0016.09/31 dan telah mendapatkan penilaian kinerja lembaga oleh BAN-PNF.























BAB III
PRAKTIK KERJA MEMASANG CCTV

3.1  Tahapan Persiapan
3.1.1      Persiapan Alat
Beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, diantaranya :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiCrimping kabel





Ini adalah salah satu alat utama dan wajib ada dalam daftar perlengkapan pemasangan  CCTV Camera, Crimp ini merupakan sebuah tang pemotong kabel, keunikannya tidak dimiliki jenis tang lain karena, Crimp khusus tersbut didesain untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

3.1.2      Persiapan Bahan
Beberapa Bahan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiMonitor










Monitor adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Fungsi komputer untuk CCTV untuk maksimal 16 kamera CCTV langsung ke komputer.
2.      IPCam 300R
IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ” IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.
3.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Coaxial






Seperti yang sebelumnya disebutkan, kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, jenisnya ada beberapa, diantaranya adalah:
Kabel-Coaxial-Berbagai-Jenis
Ø  RG-59, untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki
Ø  RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki
Ø  RG-11, untuk penggunaan 1500 kaki atau lebih
4.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKonektor RF





Biasanya ini disebut sebagai bayonet neil concelman (BNC), berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR) atau langsung ke monitor. Sebagai daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi tentu ini tak kalah penting dengan alat lainnya.
5.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Power





Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supplay, hati-hati dan jangan terbalik. Untuk jenis kabel Anda bisa menggunakan 2×1,5mm dan 3,25mm disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.
6.      Adapter dan Power Supply


Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
 






Pada alat ini Anda bisa menggunakan jenis adapter dan power supply apa saja dan merk apa saja, sejauh sesuai dengan daya yang cocok dengan perangkat camera, monitor dan sebagainya. Umumnya tegangan yang digunakan untuk kamera pengintai ini adalah 12v DC, 24v AC-DC

3.2  Tahap Pelaksanaan Memasang CCTV
Berikut langkah-langkah untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Masukan CD IPCam 300R ke CD-Rom, dan akan muncul gambar ini.
Gambar 1. Tampilan DVD IPCam

2.      Kemudian buka file setup IPCam 300R.
Gambar 2. Membuka file Setup

3.      Tampilan Awal IPCam SECURE 300R, lalu klik IDSS041
Gambar 3. Tampilan Awal IPCam SECURE 300R
4.      Tampilan awal instalasi IPCam SECURE 300R
Gambar 4. Tampilan Setup IDSS041

5.      Tampilan Lisence Agreement, pilih accept, klik next
Gambar 5. Tampilan Lisence Agreement

6.      Tunggu beberapa saat.
Gambar 6. Tampilan Preparing To Install

7.      Proses Instalasi IDSS041
Gambar 7. Proses Instalasi IDSS041
8.      Pada tampilan Multi-Language installer, pilih English, lalu klik install.
Gambar 8. Memilih Bahasa

9.      Selanjutnya, Muncul tampilan IP Camera Setup Wizard, klik Continue


 







Gambar 9. Tampilan IP Camera Setup

10.  Tunggu sampai proses selesai.

Gambar 10. Proses Instalasi



11.  Kemudian klik Finish.
Gambar 11.Instalasi Selesai

12.  Tampilan Awal aplikasi IDSS041, lalu klik Open Network And Sharing Center
Gambar 12.Membuka Network And Sharing Center

13.  Klik Change Adapter Setting.




Gambar 13.Membuka Change Adapter Setting



14.  Klik kanan Local Area Network, pilih properties.







Gambar 14. Membuka Local Area Network

15.  Klik internet protocol version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
Gambar 15.Membuka TCP/IPv4

16.  Klik Use the following IP address, lalu isi kotak IP address, Subnet Mask, Default gateway.
Gambar 16. Setting IP Address
17.  Klik star, all program, klik IDSS041, klik Camera Locator.
Gambar 17.Buka aplikasi Camera Locator

18.  Pada tampilan IP search, pada kotak camera list terdapat IP address camera. Selanjutnya buka Mozilla fire fox
Gambar 18.Tampilan IP Search

19.  Selanjutnya, klik pada URL, lalu masukan IP Camera (192.168.1.249).
Gambar 19.Masukan URL

20.  Masukan Nama Pengguna : Admin, dan Sandi : 1234. Lalu OK.
Gambar 20.Tampilan Autentikasi

21.  Tampilan awal IP Camera Setup
Gambar 21.Tampilan Awal

22.  Selanjutnya, klik Image Setup.
Gambar 22. Menu Image Setup

23.  Ubah Output size menjadi 640x480 (VGA)
Gambar 23.Mengatur Output Size

24.  Kemudian, ubah Frame Rate menjadi Auto
Gambar 24.Mengatur Frame Rate

25.  Ubah Compression Ratio menjadi middle, klik apply
Gambar 25.Mengatur Compression Ratio

26.  Pengaturan image setup selesai, Kemudian klik System Setup.
Gambar 26.Penyimpanan Image Setup Berhasil

27.  Pada Tampilan System Setup, klik Specify an IP Address, klik Apply, lalu klik User Management.
Gambar 27.Mengatur System

28.  Masukan Nama, Password, dan Confirm Password, klik Apply.
Gambar 28.Menambahkan User
29.  Kemudian klik Menu.
Gambar29.Masukke Menu

30.  Padatampilan Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar 30.Masukan Address, Username, Password

31.  Hasilnya seperti ini.
Gambar 31.Tampilan hasil video
3.3  Tahap Pengujian
Setelah CCTV terpasang, maka harus dilakukan pengujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah cctv itu sudah dapat digunakan atau tidak. Bnerikut langkah-langkahnya.
1.    Pilih Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar1.Masukan Address, Username, Password

2.    Hasilnya seperti ini.
Gambar2.Tampilan hasil video

3.4  Maintence CCTV
Agar CCTV tidak cepat rusak, maka harus melakukan perawatan. Caranya yaitu sebagai berikut.
1.         Jagalah selalu kebersihan kamera CCTV
Dimulai dari lensa kamera CCTV , Housing , drive unit , DVR, monitor dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV jangan sampai kotor penuh debu. Karena jika ada debu atau kotoron dapat menjadi penghambat utama yang menyebabkan kinerja sistem CCTV  menjadi tidak sempurna misalnya gambar kamera CCTV menjadi buram  dan bahkan cepat membuat kerusakan.
2.         Cek  seluruh komponen CCTV secara berkala
komponen CCTV haruslah di cek seperti  DVR, Kabel dan koneksi harus selalu dicek,  Jangan sampai ada yang tak terhubung. Sama halnya  dengan posisi kamera CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai target kamera tidak tepat . Periksa penyanggah CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV dapat ebrfungsi dengan baik.
3.         Cek selalu pengaturan rekaman CCTV
Pengaturan mode rekaman kamera CCTV harus di atur dengan optimal, dari masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman dan pengaturan – pengaturan kamera CCTV lainnya .
4.         Cek keakuratan kamera CCTV
Jangan lupa untuk selalu mengecek keakuratan kamera CCTV . Dari keakuratan  jam dan waktu , pengendalian telemetri, Keakuratan indikator dan cek  kondisi DVR untuk mengetahui rusak atau tidak.
5.         Backup hasil rekaman CCTV
Jika kapasitas kamera CCTV Anda sudah penuh, sebaiknya cadangkan atau backup hasil rekaman CCTV tersebut, sortirlah yang menurut Anda masih perlu dan hapus yang sudah tidak penting.








BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

3.1  Simpulan
3.1.1   Simpulan Umum
Dengan diadakannya program praktek kerja lapangan (PKL), kami mendapatkn pengalaman yang paling berharga didunia kerja, dan pengalaman ini akan kami jadikan sebagai referensi kami dimasa nanti kami bekerja.
3.1.2   Simpulan Khusus
Dengan adanya praktek kerja lapangan (PKL), kami dapat mempraktikan secara langsung apa yang kami pelajari selama disekolah tentang jaringan maupun komputer dan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat bagi kami.

3.2  Saran-Saran
3.2.1   Saran Untuk Siswa
1.      Bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Kawali agar bersungguh-sungguh untuk mempelajari ilmu-ilmu yang didapat di dunia industri
2.      Jagalah kesehatan sewaktu melaksanakan praktek kerja lapangan
3.2.2   Saran Untuk Sekolah
Adapun saran-saran penulis yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut :
1.         Pihak sekolah dalam memberikan pengarahan harus lebih ditingkatkan dalam hal pengisian jurnal
2.         Pihak sekolah harus mempersiapkan lebih banyak fatner-fatner perusahaan tempat siswa akan melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL)
3.         Kunjungan yang dilakukan pihak sekolah secara berkala
4.         Tingkatkan kamunikasi antara pembimbing dari sekolah dengan pimpinan industri DU/DI


5.         Tingkatkan komitmen yang telah dibuat oleh pihak sekolah.
Misal : batas waktu PKL adalah 27 juli 2015 dan itu berlaku untuk siswa PKL dimana saja tempat pkl nya

3.2.3   Saran Untuk DU/DI
1.         Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah ilmu pengetahuan.
2.         Diharapkan untuk benar-benar siap dalam menerima siswa-siswi yang akan melaksanakan PKL.
3.         Diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja serta lebih giat dalam melaksanakan tugas.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan penguasaan keterampilan atau keahlian profesi tertentu pada siswa-siswi, antara lain diperlukan adanya penambahan berbagai aktivitas belajar dilingkungan sekolah dan luar sekolah.
Kondisi ini sudah lama menjadi puasat perhatian bagi Dunia Pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah kejuruan, bahwa penguasaan keahlian profesi sebgai salah satu tujuan esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada  dunia kerja yang sebenarnya.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah praktek kerja yang dilakukan oleh sekolah dengan dunia industri program PKL ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memadukan antara teori dan praktik yang di terima di sekolah dengan praktik kerja yang secara nyata di perusahaan tersebut. Jadi praktik dan teori depergunakan oleh mereka untuk masa depan mereka. Dan selanjutnya mereka membuat laporan dimana pada tahap ini siswa harus mempertanggung jawabkan apa yang mereka laporkan secara tertulis dan segala kegiatan pada saat di depan penguji. Disini bisa diukur sampai sejauh mana kemampuan yang telah di praktikan.

1.2    Rumusan Masalah
Untuk penyusunan laporan ini perlu adanya perumusan masalah apa yang akan di bahas dan dianalisis dalam laporan ini. Perumusan masalah berfungsi sebagai upaya untuk membatasi agar masalah yang di bahas ini tidak terlalu luas, sehingga informasi yang disediakan singkat, padat, jelas dan akurat.
Adapun masalah yang dianalisis dalam laporan ini sebagai berikut :
1)        Apa saja alat yang dibutuhkan untuk memasang CCTV ?


2)        Bagaimana setting CCTV?
3)        Bagaimana perawatan CCTV ?

1.3    Tujuan Penulisan Laporan
Seluruh siswa yang telah melaksanakan PKL diwajibkan membuat laporan berbentuk karya tulis. Hal ini merupakan sebuah tanda bukti bahwa siswa tersebut benar-benar telah melaksanakan PKL.
Tujuan utama laporan ini adalah :
1)        Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
2)        Melatih kerja dan pengamatan teknik yang diterapkan di tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
3)        Untuk mencari pengalaman dalam PKL di dunia usaha/industri.
4)        Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
5)        Untuk menambah bekal hidup di masa depan.
6)        Memperkokoh link and match kesesuaian, kecocokan antara program sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

















BAB II
RUANG LINGKUP OBJEK

2.1  Waktu PKL
Adapun waktu untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah mulai dari tanggal 1 Mei 2015 s/d 27 juli 2015. Dimulai dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan diseling waktu istirahata selama 1 jam. ( jam istirahat bebas asalkan tidak melebihi 1 jam)

2.2  Tempat PKL
Praktek kerja lapangan dilaksanakan di LKP/LPK Hidayah. Tempat yang dipergunakan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah di LKP/LPK Hidayah. Lokasi tepatnya di jl. Pakuan No.3 Kawalimukti kecamatan kawali kabupaten/Kota Ciamis.

2.3  Tata Tertib Perusahaan
Tata tertib yang diberlaskukan di LPK Hidayah Kawali ketika penulis melaksanakan PKL terdapat perbedaan antara karyawan dan siswa PKL. Pada uraian ini penulis akan menjelaskan tata tertib yang diberlakukan untuk siswa PKL saja yang menyangkut tata tertib pakaian dan waktu praktik.
1.      Tata Tertib Warga Belajar
Tata tertib adalah peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, apabila dilanggar mendapatkan sangsi (hukuman).     
Adapun Tata Tertib yang harus dilaksanakan bagi siswa-siswi PKL, yaitu :
a.       Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal
b.      Berpakaian sopan, bersih dan rapi
c.       Tidak membuat keributan selama pelajaran/praktik
d.      Dilarang meninggalkan tempat kursus sebelum pelajaran/praktik selesai


e.       Warga belajar dalam kegiatan praktik kursus selalu mematuhi prosedur kerja dalam menggunakan peralatan dan atau bahan-bahan lainnya.
f.       Apabila berhalangan hadir, harus meminta izin / memberitahukan baik lisan maupun tulisan kepada instruktuk dan bila tidak hadir lebih dari dua kali karena sakit harus ada surat keterangan dari dokter.
g.      Siswa yang hendak membatalkan jadwal belajar yang telah ditentukan. Maka siswa hendaknya memberitahukan kepada instruktur atau bagian divii pendidikan LKP hidayah melalui telepon atau secara langsung maksimal 12 jam sebelum pelajaran dimulai.
h.      Jika siswa ingin mengganti jadwal yang telah dibatalkan berkaitan dengan hal-hal tersebut diatas, maka baik instruktur ataupun pihak siswa haru ada kesepakatan sebelumnya serta tidak memberatkan salah satu pihak.
i.        Jika siswa merasa tidak cocok dengan instruktur yang bersangkutan, maka hendaknya siswa segera memberitahukan kepada bagian divisi pendidikan LKP hidayah. Agar dapat dilakukan pergantian instruktur yang baru dan tentunya disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan siswa.
j.        Jika siswa hendak memutuskan hubungan belajar dengan LKP Hidayah karena satu hal, maka hendaknya siswa memberitahukan ke bagian divisi pendidikan maksimal satu hari sebelum jadwal belajar dimulai.
k.      Siswa telah memutuskan hubungan dengan LKP Hidayah tetapi telah melakukan pembayaran, sedangkan pembayaran les privat atau belum melakukan pelunasan pembayaran, sedangkan jumlah pertemuan belum memenuhi jumlah paket yang diambil, maka jika telah dilakukan pelunasan pembayaran, maka uang tersebut menjadi milik LKP Hidayah dan jika belum melakukan pembayaran, maka kami akan meminta siswa untuk melunasi biasa kursus selama siswa tersebut belajar di LKP Hidayah.
2.      Pakaian
a.       Senin - Selasa                   : Pakaian Hitam Putih
b.      Rabu - Kamis                   : Pakaian Batik Sekolah
c.       Jum’at - Sabtu                  : Pakaian Praktik
d.      Minggu                             : Pakaian Bebas/Sopan           

3.      Waktu Praktik
a.       Masuk pukul 07-00
b.      Pulang pukul 16.00
c.       Istirahat 1 jam
d.      Libur disesuaikan

2.4  Sejarah Berdirinya LPK
LKP HIDAYAH didirikan pada tanggal 24 Juni 1999 oleh Moch. Jusuf Abdulloh, S.Pt., S.Kom. dengan alamat di Jalan Pakuan No. 3 Kawalimukti-Kawali-Ciamis.LKP Hidayah merupakan lembaga kursus dan pelatihan yang bergerak di bidang komputer. Sejak tahun 1999 LKP Hidayah telah membuka beberapa program kursus, yaitu: Program Paket Niaga 1 dan Niaga 2, Program Pilihan, dan Program Les.
Pada tahun 2003, LKP Hidayah membuka program kursus baru yaitu Kursus Keterampilan Orientasi Kerja (KKOK) yang berupaya membuka jalinan kerjasama dengan berbagai perusahaan/lembaga sebagai upaya agar para lulusan LKP HIDAYAH dapat menjalin Latihan Kerja/Magang (on the Job Training) dalam dunia kerja yang sebenarnya dan selanjutnya berupaya menjembatani para lulusan untuk dapat bekerja di perusahaan/lembaga/hotel yang sesuai dengan kemampuannya.
Pada tahun 2010 membuka Program Pelatihan Kerja 1 Tahun bidang keahlian Operator Niaga, Design Graphis, Multimedia, dan Teknik Komputer Jaringan. Program-program yang diselenggarakan ini diharapkan selaras dengan kebutuhan dan perkembangan dunia bisnis dan pasar kerja. Proses belajar mengajar disajikan melalui pendekatan praktis yang humanis dan kerja praktek (on the job training) serta mentoring agama untuk pembinaan mental spiritual dan peningkatan potensi diri.
LKP/LPK Hidayah merupakan Lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman, memiliki legalitas dan integritas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan sudah ditetapkan oleh Surat Keputusan Pemerintah:
1.           No. : Kep.178/W9/KW/1999
2.           No. : Kep.503/LK/VIII/2002
Sesuai dengan surat No. 421.9/78-Disdik/2010 LKP/LPK Hidayah kemudian mendapat Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) dengan No. 02105.4.1.0016.09/31 dan telah mendapatkan penilaian kinerja lembaga oleh BAN-PNF.























BAB III
PRAKTIK KERJA MEMASANG CCTV

3.1  Tahapan Persiapan
3.1.1      Persiapan Alat
Beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, diantaranya :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiCrimping kabel





Ini adalah salah satu alat utama dan wajib ada dalam daftar perlengkapan pemasangan  CCTV Camera, Crimp ini merupakan sebuah tang pemotong kabel, keunikannya tidak dimiliki jenis tang lain karena, Crimp khusus tersbut didesain untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

3.1.2      Persiapan Bahan
Beberapa Bahan yang harus disiapkan untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiMonitor










Monitor adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Fungsi komputer untuk CCTV untuk maksimal 16 kamera CCTV langsung ke komputer.
2.      IPCam 300R
IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ” IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.
3.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Coaxial






Seperti yang sebelumnya disebutkan, kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, jenisnya ada beberapa, diantaranya adalah:
Kabel-Coaxial-Berbagai-Jenis
Ø  RG-59, untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki
Ø  RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki
Ø  RG-11, untuk penggunaan 1500 kaki atau lebih
4.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKonektor RF





Biasanya ini disebut sebagai bayonet neil concelman (BNC), berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR) atau langsung ke monitor. Sebagai daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi tentu ini tak kalah penting dengan alat lainnya.
5.      Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat InstalasiKabel Power





Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supplay, hati-hati dan jangan terbalik. Untuk jenis kabel Anda bisa menggunakan 2×1,5mm dan 3,25mm disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.
6.      Adapter dan Power Supply


Description: Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
 






Pada alat ini Anda bisa menggunakan jenis adapter dan power supply apa saja dan merk apa saja, sejauh sesuai dengan daya yang cocok dengan perangkat camera, monitor dan sebagainya. Umumnya tegangan yang digunakan untuk kamera pengintai ini adalah 12v DC, 24v AC-DC

3.2  Tahap Pelaksanaan Memasang CCTV
Berikut langkah-langkah untuk memasang CCTV, yaitu :
1.      Masukan CD IPCam 300R ke CD-Rom, dan akan muncul gambar ini.
Gambar 1. Tampilan DVD IPCam

2.      Kemudian buka file setup IPCam 300R.
Gambar 2. Membuka file Setup

3.      Tampilan Awal IPCam SECURE 300R, lalu klik IDSS041
Gambar 3. Tampilan Awal IPCam SECURE 300R
4.      Tampilan awal instalasi IPCam SECURE 300R
Gambar 4. Tampilan Setup IDSS041

5.      Tampilan Lisence Agreement, pilih accept, klik next
Gambar 5. Tampilan Lisence Agreement

6.      Tunggu beberapa saat.
Gambar 6. Tampilan Preparing To Install

7.      Proses Instalasi IDSS041
Gambar 7. Proses Instalasi IDSS041
8.      Pada tampilan Multi-Language installer, pilih English, lalu klik install.
Gambar 8. Memilih Bahasa

9.      Selanjutnya, Muncul tampilan IP Camera Setup Wizard, klik Continue


 







Gambar 9. Tampilan IP Camera Setup

10.  Tunggu sampai proses selesai.

Gambar 10. Proses Instalasi



11.  Kemudian klik Finish.
Gambar 11.Instalasi Selesai

12.  Tampilan Awal aplikasi IDSS041, lalu klik Open Network And Sharing Center
Gambar 12.Membuka Network And Sharing Center

13.  Klik Change Adapter Setting.




Gambar 13.Membuka Change Adapter Setting



14.  Klik kanan Local Area Network, pilih properties.







Gambar 14. Membuka Local Area Network

15.  Klik internet protocol version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
Gambar 15.Membuka TCP/IPv4

16.  Klik Use the following IP address, lalu isi kotak IP address, Subnet Mask, Default gateway.
Gambar 16. Setting IP Address
17.  Klik star, all program, klik IDSS041, klik Camera Locator.
Gambar 17.Buka aplikasi Camera Locator

18.  Pada tampilan IP search, pada kotak camera list terdapat IP address camera. Selanjutnya buka Mozilla fire fox
Gambar 18.Tampilan IP Search

19.  Selanjutnya, klik pada URL, lalu masukan IP Camera (192.168.1.249).
Gambar 19.Masukan URL

20.  Masukan Nama Pengguna : Admin, dan Sandi : 1234. Lalu OK.
Gambar 20.Tampilan Autentikasi

21.  Tampilan awal IP Camera Setup
Gambar 21.Tampilan Awal

22.  Selanjutnya, klik Image Setup.
Gambar 22. Menu Image Setup

23.  Ubah Output size menjadi 640x480 (VGA)
Gambar 23.Mengatur Output Size

24.  Kemudian, ubah Frame Rate menjadi Auto
Gambar 24.Mengatur Frame Rate

25.  Ubah Compression Ratio menjadi middle, klik apply
Gambar 25.Mengatur Compression Ratio

26.  Pengaturan image setup selesai, Kemudian klik System Setup.
Gambar 26.Penyimpanan Image Setup Berhasil

27.  Pada Tampilan System Setup, klik Specify an IP Address, klik Apply, lalu klik User Management.
Gambar 27.Mengatur System

28.  Masukan Nama, Password, dan Confirm Password, klik Apply.
Gambar 28.Menambahkan User
29.  Kemudian klik Menu.
Gambar29.Masukke Menu

30.  Padatampilan Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar 30.Masukan Address, Username, Password

31.  Hasilnya seperti ini.
Gambar 31.Tampilan hasil video
3.3  Tahap Pengujian
Setelah CCTV terpasang, maka harus dilakukan pengujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah cctv itu sudah dapat digunakan atau tidak. Bnerikut langkah-langkahnya.
1.    Pilih Menu, Masukan Address, User name, dan Password yang telahdiisi di IP Camera Setup, klik Apply.
Gambar1.Masukan Address, Username, Password

2.    Hasilnya seperti ini.
Gambar2.Tampilan hasil video

3.4  Maintence CCTV
Agar CCTV tidak cepat rusak, maka harus melakukan perawatan. Caranya yaitu sebagai berikut.
1.         Jagalah selalu kebersihan kamera CCTV
Dimulai dari lensa kamera CCTV , Housing , drive unit , DVR, monitor dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV jangan sampai kotor penuh debu. Karena jika ada debu atau kotoron dapat menjadi penghambat utama yang menyebabkan kinerja sistem CCTV  menjadi tidak sempurna misalnya gambar kamera CCTV menjadi buram  dan bahkan cepat membuat kerusakan.
2.         Cek  seluruh komponen CCTV secara berkala
komponen CCTV haruslah di cek seperti  DVR, Kabel dan koneksi harus selalu dicek,  Jangan sampai ada yang tak terhubung. Sama halnya  dengan posisi kamera CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai target kamera tidak tepat . Periksa penyanggah CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV dapat ebrfungsi dengan baik.
3.         Cek selalu pengaturan rekaman CCTV
Pengaturan mode rekaman kamera CCTV harus di atur dengan optimal, dari masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman dan pengaturan – pengaturan kamera CCTV lainnya .
4.         Cek keakuratan kamera CCTV
Jangan lupa untuk selalu mengecek keakuratan kamera CCTV . Dari keakuratan  jam dan waktu , pengendalian telemetri, Keakuratan indikator dan cek  kondisi DVR untuk mengetahui rusak atau tidak.
5.         Backup hasil rekaman CCTV
Jika kapasitas kamera CCTV Anda sudah penuh, sebaiknya cadangkan atau backup hasil rekaman CCTV tersebut, sortirlah yang menurut Anda masih perlu dan hapus yang sudah tidak penting.








BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

3.1  Simpulan
3.1.1   Simpulan Umum
Dengan diadakannya program praktek kerja lapangan (PKL), kami mendapatkn pengalaman yang paling berharga didunia kerja, dan pengalaman ini akan kami jadikan sebagai referensi kami dimasa nanti kami bekerja.
3.1.2   Simpulan Khusus
Dengan adanya praktek kerja lapangan (PKL), kami dapat mempraktikan secara langsung apa yang kami pelajari selama disekolah tentang jaringan maupun komputer dan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat bagi kami.

3.2  Saran-Saran
3.2.1   Saran Untuk Siswa
1.      Bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Kawali agar bersungguh-sungguh untuk mempelajari ilmu-ilmu yang didapat di dunia industri
2.      Jagalah kesehatan sewaktu melaksanakan praktek kerja lapangan
3.2.2   Saran Untuk Sekolah
Adapun saran-saran penulis yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut :
1.         Pihak sekolah dalam memberikan pengarahan harus lebih ditingkatkan dalam hal pengisian jurnal
2.         Pihak sekolah harus mempersiapkan lebih banyak fatner-fatner perusahaan tempat siswa akan melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL)
3.         Kunjungan yang dilakukan pihak sekolah secara berkala
4.         Tingkatkan kamunikasi antara pembimbing dari sekolah dengan pimpinan industri DU/DI


5.         Tingkatkan komitmen yang telah dibuat oleh pihak sekolah.
Misal : batas waktu PKL adalah 27 juli 2015 dan itu berlaku untuk siswa PKL dimana saja tempat pkl nya

3.2.3   Saran Untuk DU/DI
1.         Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah ilmu pengetahuan.
2.         Diharapkan untuk benar-benar siap dalam menerima siswa-siswi yang akan melaksanakan PKL.
3.         Diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja serta lebih giat dalam melaksanakan tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar